PENGARSIPAN SECARA SISTEM NOMOR TERMINAL DIGIT DAN DCC



Pengarsipan Secara Sistem Nomor Terminal Digit dan DDC

     Sistem penyimpanan menurut teminal digit ini adalah  sistem penyimpanan berdasarkan pada nomor urut dalam buku arsip.  Dalam sistem ini perlengkapan yang diperlukan adalah :
- filing cabinet; 
- guide (setiap laci 10 guide)
- folder (setiap guide 10 folder)

     Yang berbeda di sini adalah cara  mengindeks nomor kode untuk keperluan penyimpanan dan penemuan kembali surat.
     Cara mengindeks kode nomor Terminal Digit adalah sebagai berikut: Dua angka dari belakang sebagai unit 1, yaitu menunjukkan nomor laci dan nomor guide. Satu angka setelah unit 1 sebagai unit 2, yaitu menunjukkan nomor  folder. Sisa seluruh angka sesudah unit 2 sebagai unit 3, yaitu menunjukkan surat yang ke sekian dalam folder.  

Contoh surat dengan kode nomor 55317, berarti surat tersebut disimpan dalam laci 10-19, di belakang guide 17, di dalam folder nomor 3, dan merupakan surat yang ke-55. 

       Sistem nomor DDC (Decimal Dewey Clasification) adalah membagi masalah menjadi 10 kelas utama. Setiap kelas utama tersebut dibagi menjadi 10 divisi, yang masing-masing divisi dibagi menjadi 10 seksi. Pada setiap kelas utama disediakan 10 laci, kelas divisi disediakan 100 guide, dan kelas seksi disediakan 1000 folder. Berikut adalah  langkah-langkah pengarsipan sistem nomor DDC :

1.   membuat daftar klasifikasinya  agar lebih mudah dalam mencari surat itu kembali apabila sedang diperlukan. Contoh  dimana suatu surat berasal dari  PT MATAHARI TERANG  dengan perihal Nota dinas. Dengan melihat perihal surat  dapat ditentukan kode nomor surat sesuai daftar klasifikasi yaitu pada laci yang berkode 100 dan pada guide yang berkode 110 serta pada urutan surat yang berkode 110.0

KODE
MASALAH
GUIDE
FOLDER
URUTAN
SURAT
KET
000
KEPEGAWAIAN
000
000
000.0
-
010
Lamaran Kerja
010
010
010.0
-
020
Mutasi
020
020
020.0
-
100
DINAS
100
100
100.0
-
110
Memo  & Nota
110
110
110.0
-
120
Surat Tugas
120
120
120.0
-
130
Surat Keputusan
130
130
130.0
-

2.   Dari daftar klasifikasi dapat diketahui kode surat yaitu 110.0   karena 
     kode tersebut disediakan untuk surat yang berperihal memo dan nota

3.   langkah selanjutnya  supaya lebih mudah dalam pengarsipannya  
     adalah menuliskan kode 110.0 pada bagian atas kanan surat sesuai
     dengan kode yang tertera pada daftar klasifikasi.

     Jika diletakkan dalam ordner berikut adalah posisinya:

























Comments

Unknown said…
Pengarsipan secara sistem nomor di bagi menjadi 2 yaitu Nomor Terminal Digit dan DDC. Terminal digit merupakan sistem penyimpanan berdasarkan pada nomor urut dalam buku arsip. Sedangkan Nomor DDC yaitu membagi masalah menjadi 10 kelas utama. Setiap kelas utama tersebut dibagi menjadi 10 divisi, yang masing-masing divisi dibagi menjadi 10 seksi. Pada setiap kelas utama disediakan 10 laci, kelas divisi disediakan 100 guide, dan kelas seksi disediakan 1000 folder.
Agnes Kusmara / XII Ap
Perbedaan antara sistem subject dan sistem nomor/numeric adalah :
Sistem Subject adalah sistem penyimpanan dan penemuan kembali arsip berdasarkan masalah/pokok isi surat.
Sistem numeric adalah arsip yang disimpan berdasarkan kode nomor.
YOHANA/X OTKP/25
Perbedaan sistem subject dengan sistem nomor:
Sistme subject adalah cara penyimpanan dan penemuan kembali surat dengan berpedoman pada perihal surat/isi surat tersebut,Sistem subject juga dapat dikelompokkan dengan daftar klasifikasi.Sedangkan sistem nomor adalah sistem penyimpanan dan penemuan kembali surat berdasarkan nomor yang sudah ditetapkan,Sistem nomor itu ada 3 yaitu
-Nomor urut
-DDC
-Nomor terminal digit
MIRACLE GRACELIA S/X OTKP 19
perbedaan sistem subject dengan sistem numeric adalah jika sistem subject adalh system penyimpanan dan penemuan yang arsipkan dan disusun berdasarkan subject nya atau pengelompokan masalah yang ada pada isi surat nya. jika sistem numeric atau nomor merupakan system yang pengelompokannya brdasarkan nomor yang sudah di tetapkan
ELEUTRIA DENNA DENNISSA KEO PUELA XOTKP/ 10
perbedaan nya adalah:
sistem numeric:sistem penyimpanan atau penemuan berdasarkan nomor.
sistem subject:penyimpanan dan penemuan kembali arsip yang disusun berdasarkan pengelompokkan masalah/subject isi surat.
KARINA AMANDA/17/XOTKP
Defensus said…
𝙋𝙚𝙣𝙜𝙖𝙧𝙨𝙞𝙥𝙖𝙣 𝙨𝙞𝙨𝙩𝙚𝙢 𝙨𝙪𝙗𝙟𝙚𝙘𝙩 (subjek),adalah sistem penyimpanan yang disusun secara urut berdasarkan nama masalah/subjek pada isi surat.

Tetapi, 𝙥𝙚𝙣𝙜𝙖𝙧𝙨𝙞𝙥𝙖𝙣 𝙨𝙞𝙨𝙩𝙚𝙢 𝙣𝙪𝙢𝙚𝙧𝙞𝙘 (nomor), adalah sistem penyimpanan yang disusun secara urut berdasarkan urutan angka/nomor yang sudah disesuaikan oleh perusahaan.
𝙅𝙖𝙙𝙞 𝙥𝙚𝙧𝙗𝙚𝙙𝙖𝙖𝙣𝙣𝙮𝙖 𝙖𝙙𝙖𝙡𝙖𝙝 𝙥𝙚𝙣𝙜𝙖𝙧𝙨𝙞𝙥𝙖𝙣 𝙨𝙞𝙨𝙩𝙚𝙢 𝙨𝙪𝙗𝙟𝙚𝙠 𝙙𝙞𝙨𝙪𝙨𝙪𝙣 𝙗𝙚𝙧𝙙𝙖𝙨𝙖𝙧𝙠𝙖𝙣 𝙢𝙖𝙨𝙖𝙡𝙖𝙝 𝙥𝙚𝙧𝙞𝙝𝙖𝙡 𝙥𝙖𝙙𝙖 𝙨𝙪𝙧𝙖𝙩 𝙩𝙚𝙧𝙨𝙚𝙗𝙪𝙩 𝙙𝙖𝙣 𝙥𝙚𝙣𝙜𝙖𝙧𝙨𝙞𝙥𝙖𝙣 𝙨𝙞𝙨𝙩𝙚𝙢 𝙣𝙤𝙢𝙤𝙧 𝙙𝙞𝙨𝙪𝙨𝙪𝙣 𝙗𝙚𝙧𝙙𝙖𝙨𝙖𝙧𝙠𝙖𝙣 𝙣𝙤𝙢𝙤𝙧² 𝙮𝙖𝙣𝙜 𝙩𝙚𝙡𝙖𝙝 𝙙𝙞𝙩𝙚𝙣𝙩𝙪𝙠𝙖𝙣.

𝘿𝙚𝙛𝙚𝙣𝙨𝙪𝙨/9/𝙭 𝙤𝙩𝙠𝙥
Anonymous said…
Perbedaan :
1. Sistem subjek, adalah pengurutan atau penyimpanan arsip dengan berdasarkan nama masalah/subjek isi surat. Sedangkan,
2. Sistem nomor, yaitu penyimpanan arsip berdasarkan nomor arsip atau nomor yang telah ditentukan

Giogenovania/11/xotkp