RESENSI BUKU CERITA


RESENSI BUKU By; Verlie kelas XI AK3

Judul buku : Kumpulan dongeng legenda si Kancil
Penulis : MB. Rahimsyah.AR
Penerbit : Bintang Indonesia, Jakarta
Tebal buku : 96 halaman
Ukuran buku : 20x14
Jenis buku : Dongeng


Cerita 1: Menipu anjing

Suatu hari kancil datang ke kebun pak tani yang ditanami mentimun di malam hari. Kancil memakan mentimun yang ada di kebun pak tani. Ketika pagi hari pak tani datang ke kebunnya, ia kaget melihat kebunnya yang rusak dan berantakan, ia berfikir bahwa ada hewan yang memakan dan merusak kebun pak tani. Ia berinisiatif untuk menjebak hewan tesebut, ia berfikir bahwa kancil yang memakan buah mentimunnya, ia tau karena kancil adalah binatang yang usil. 
Pak tani memberi lem perekat pada orang orang sawah yang ada dikebunnya, ketika malam hari benar saja kancil datang untuk memakan mentimun dan akhirnya kancil terjerembab di dalam perangkap pak tani. Dan pak tani membawa kancil pulang untuk disate, pagi itu seekor anjing lewat di depan si kancil yang terperangkap didalam kurungan, sehingga kancil berniat menipu anjing itu. 
Terjadi kesepakatan antara anjing dan kancil yang bertukar posisi, anjing yang berada didalam kurungan dan kancil melarikan diri. Ketika pak tani pulang dari pasar untuk membeli tusuk sate ia kaget karena di dalam kurungan ada anjing dan anjing itu dipukul oleh pak tani, sehingga anjing itu mengejar kancil karena kancil telah menipu anjing...




Cerita 2: Menipu para buaya

Setelah menipu seekor anjing, sang kancil berlari sejauh mungkin sehingga membuat perut kancil terasa lapar. Disekitar kancil tidak terdapat makanan sehinggu kancil harus menyebrangi sungai untuk mencari makan, di sungai itu terdapat buaya. Kanci mengelabui buaya bahwa setelah buaya membantu kancil untuk mencari makan buaya bisa memakan kancil. Dan ternyata buaya dibodohi kancil setelah perut kancil kenyang, kancil melarikan diri dan tak kunjung kembali.

Setelah menipu seekor anjing, sang kancil berlari sejauh mungkin sehingga membuat perut kancil terasa lapar. Di sekitar kancil tidak terdapat makanan sehinggu kancil harus menyeberangi sungai untuk mencari makan, disungai itu terdapat buaya. Kanci mengelabui buaya bahwa setelah buaya membantu kancil untuk mencari makan buaya bisa memakan kancil. Dan ternyata buaya dibodohi kancil setelah perut kancil kenyang, kancil melarikan diri dan tak kunjung kembali.


Cerita 3: Sabuk nabi Sulaiman


Setelah berhasil melarikan diri atau menipu buaya kancil berlari kehutan, dan kancil bertemu dengan macan, terjadi percakapan singkat antara macan dan kancil. Sebelum kancil dimakan macan ia meminta satu permintaan yaitu untuk mencari makan terlebih dahulu dan meminta macan untuk menjagai sabuk nabi sulaiman ucap kancil pedahal itu adalah seekor ular, dan kancil melarikan diri dan terjadi pertarungan antara ular dan macan.
Judul buku : Kumpulan dongeng legenda si kancil



Comments