KUITANSI...Bukti Transaksi Keuangan Part I

KUITANSI..Bukti Transaksi Keuangan
Setiap transaksi keuangan yang terjadi di dalam suatu perusahaan harus didukung oleh bukti-bukti transaksi yang mana nantinya akan dijadikan dokumen pencatatan. Setiap perusahaan pastinya akan menyimpan bukti transaksi tersebut, sehingga bila ada klaim dapat dijadikan bukti dalam suatu transaksi. Bukti transaksi ini  berisi keterangan secara rinci mengenai barang atau jasa, jumlah, ukuran dalam satuan uang serta pihak-pihak yang terkait dalam suatu transaksi yang bersangkutan dan juga menjelaskan mengenai sifat transaksi, apakah secara tunai atau kredit.
Contoh bukti transaksi :

1.     Kuitansi
merupakan bukti transaksi penerimaan uang untuk pembayaran sesuatu yang dibuat dan ditandatangani ole pihak yang menerima uang dan diserahkan kepada pihak yang melakukan pembayaran.

Menurut KKBI :
kuitansi/ku·i·tan·si/ n surat bukti penerimaan uang

Menurut Wikipedia :
receipt is a written acknowledgment that a person has received money or property in payment following a sale or other transfer of goods or provision of a service.

Tanda terima/kuitansi  adalah pengakuan secara tertulis bahwa seseorang telah menerima sejumlah uang atau harta benda untuk pembayaran karena suatu  penjualan atau pengalihan barang atau penyediaan layanan lainnya.



Comments

Albert Wijaya said…
Terimakasih atas infonya, tolong sertakan juga contohnya.