JENIS-JENIS/MACAM-MACAM TATA RUANG KANTOR (OFFICE LAYOUT)

Tata ruang kantor ada 3 macam umumnya yaitu :


1. Open Plan Office
2. Close/Cubical Types Office
3. Landscape Office

1. Open Plan office
Tata ruang kantor terbuka atau biasa disebut open plan office adalah yang pengaturannya terbuka sehingga tiap jabatan tidak terlihat. Adanya gengsi untuk para senior atau atasan karena tidak adanya pembatas, namun biaya yang diperlukan terbilang sedikit. Namun jika menggunakan tata ruang ini akan ada banyak kegaduhan yang saling terdengar sehingga kerahasiaan dan ketelitian pun tidak terjamin. Open plan office juga hemat penerangan.




2. Close/Cubical Types Office
Close/cubical types office adalah suatu tata ruang kantor berupa bersel atau tertutup yang pengaturan nya bersekat jadi tiap jabatan kelihatan jelas perbedaannya. Tata ruang ini juga cukup boros alias menghabiskan banyak biaya untuk sekatnya. namun untuk kerahasiaan dan ketelitian juga fokus, tata ruang ini sangat membantu. Tata ruang ini juga membantu steril karena ketika satu orang sakit jadi penyebarannya termasuk dalam angka lambat. Close plan office diterapkan di kantor kantor yang memang membutuhkan ketelitian tingkat tinggi



3. Landscape office
adalah tata ruang berpanorama atau bisa dikatakan kantor dengan konsep alam yang seperti diterapkan di kantor google. Tata ruang berpanorama adalah tata ruang yang menggunakan beberapa hiasan tanaman asri ataupun sentuhan playground. sehingga meningkatkan mood dalam beraktivitas. Tata ruang ini cukup mengeluarkan biaya dikarenakan perawatannya dan juga penataannya dengan para ahli. Penerangan yang digunakan juga perlu diperhatikan karena adanya tanaman. Jika kurang diperhatikan ruangan ini justru akan terasa sumpek atau pengap atau sempit dan justru bukan menambah semangat malah menambah tingkat boring. Tata ruang gabungan, dengan sedikit close plan office dan open plan office juga sentuhan panorama yang menambah mood dalam bekerja dan beraktivitas, Jadi efisiensi dan fleksibilitas kantor bisa tercapai dengan baik.



Comments