CARA MEMBUAT PROFIL PERUSAHAAN/COMPANY PROFILE



Profil Perusahaan adalah suatu media bagi suatu perusahaan, baik besar maupun perintis, sebagai bentuk perkenalan selain dengan surat perkenalan perusahaan, juga dapat digunakan sebagai alat promosi kepada perusahaan lain untuk menjalin kerja sama.


Lima cara untuk membuat profil perusahaan ialah dengan :

  • membuat profil perusahaan harus singkat,jelas dan padat

karena profil perusahaan yang bertele-tele akan membosankan dan terkesan monoton tentunya. Untuk profil perusahaan yang disajikan kedalam video durasinya maksimal 10 menit. Audiens hanya akan membaca atau melihat secara sekilas. Jadi jika lebih dari 10 menit tentunya informasi-informasi penting malah akan tersembunyi alias take down. Maka dari itu buat profil perusahaan dengan singkat, jelas dan juga padat.

  • langsung ke pokok persoalan

Penggunaan kalimat haruslah diperhatikan, selain menarik gunakan kalimat yang efektif. Jika ada yang tidak penting atau bertele-tele sebaiknya di cut saja.

  • gunakan data yang akurat
agar dapat meningkatkan kepercayaan dari para penonton/pembaca sehingga bisa terjalin suatu kerja sama.
Profil perusahaan memang bertujuan menarik perhatian audiens, namun, dalam pembuatan profil perusahaan berikan informasi yang akurat. Contohnya dalam menjelaskan kelebihan perusahaan, jangan berikan informasi menipu. Berikan sedikit sentuhan yang menarik audiens tanpa harus menipu.

  • informasi yang terbaru

agar para penonton/pembaca dapat mengetahui perkembangan yang ada di suatu perusahaan. Informasi yang update alias terbaru, juga agar jika memang ada perubahan atau ada pembaharuan maka audiens juga akan lebih paham dengan perusahaan kita. Jadi data yang diberikan semakin akurat. Informasi -informasi update juga menambahkan citra perusahaan. Integritas perusahaan yang terbangun dengan baik dikarenakan mengutamakan keakuratan dalam informasi yang diberikan.  

  • disajikan dengan kreatif 

Profil perusahaan haruslah dibuat dengan semenarik mungkin. Agar tidak monoton dan jelas informasinya. Perusahaan bisa menambahkan warna-warna yang sedang trend untuk menarik audiens dan ketika memakai powerpoint gunakan template yang selaras dengan perusahaan. Sebisa mungkin menarik audiens dan membuat ciri khas juga, jadi, audiens semakin mengenal perusahaan kita. 





Tiga media presentasi profil perusahaan :


  1. Powerpoint

powerpoint adalah salah satu media yang umumnya digunakan dalam penyajian profil perusahaan. Namun terkadang media ini cukup membosankan, karena kebanyakan perusahaan menyajikan berupa teks dan media berupa gambar saja. Jadi tentunya membosankan untuk audiens, namun para perusahaan sekarang mengusahakan template powerpoint se-aesthetic dan kreatif mungkin. Dengan lebih banyak menggunakan gambar

  1. Video

Media ini, adalah media yang juga umumnya digunakan dan menjadi media yang recomended untuk para perusahaan yang ingin menarik dengan cara kreatif tanpa perlu menggunakan durasi yang panjang. Kebanyakan video yang ditampilkan durasinya 5-7 menit. Sentuhan warna yang menjadi khas perusahaan atau dengan bentuk bentuk yang menambah indah pembawaan profil perusahaan, serta voice over yang sangat memperjelas profil perusahaan yang disajikan.

  1. Aplikasi Web

Media ini merupakan yang paling simple dan efektif karena dapat diakses dimana saja dan dapat memuat banyak informasi perusahaan. Bentuk dari website ini juga dapat diubah sesuka hati sehingga dapat dibuat sangat menarik.

  1. Profil perusahaan harus disajikan dengan informasi-informasi yang update karena memperjelas serta mempertegas keakuratan data yang membangun integritas perusahaan secara langsung. Contohnya, perusahaan mempunyai cabang di Jakarta Selatan pada tahun 2019 dan tahun 2020 kantor tersebut dipindahkan. Namun profil perusahaan menampilkan bahwa perusahaan memiliki cabang di Jakarta selatan pada tahun 2020. Tentunya informasi ini akan terkesan menipu, maka dari itu profil perusahaan harus menampilkan informasi yang update dan akurat.  

  1. Manfaat logo perusahaan 

Logo adalah khas atau identitas perusahaan, misalkan rumah makan alias restoran cepat saji mc donald dengan logo khasnya huruf m berwarna kuning yang membuat orang mengenali perusahaan tersebut bahwa itu adalah restoran cepat saji mc donald. Menjadikan logo itu khas dan identitas perusahaan kita atau buah apel yang sudah digigit ciri khas perusahaan apple yang memproduksi ponsel pintar. Jadi logo yang kreatif dan menarik, menjadi identitas perusahaan.

Isi Profil Perusahaan sebagai berikut.

1. Nama dan Logo Perusahaan,
Contoh :
INDO-GOOD
Manfaat logo bagi perusahaan yaitu sebagai identitas perusahaan, maka dari itu setiap perusahaan harus mengkreasikan logo dengan ciri khasnya agar tidak disamakan dengan perusahaan lain. Selain identitas perusahaan, logo dapat juga digunakan sebagai daya tarik bagi para konsumen sehingga dapat menjadi sarana promosi, maka dari itu logo haruslah dibuat dengan kreatif.
2. Sejarah berdirinya Perusahan
Contoh :
  Sejarah perusahaan kami dimulai dari tahun 1968 PT Lima Dua Sankyu (selanjutnya berganti nama menjadi PT Suprem Indonesia) didirikan, pertama kali memproduksi Supremei sebagai mi instan pertama di Indonesia.Lalu tahun 1972 PT Sanmaru mulai memproduksi indimie. Dan pada akhirnya tahun 2013 Menyelesaikan akuisisi PT Pepsi-rola Indobeverages, perusahaan yang memproduksi minuman ringan bermerek Pepsi, 7 Up dan sebagainya.
3. Visi dan Misi Perusahaan
Contoh
Visi : 
  • Perusahaan Total Food Solutions untuk masyarakat luas. Perusahaan kami akan senantiasa menjadi perusahaan Total Food Solutions kepada masyarakat luas.
Misi : 
  • Memberikan solusi atas kebutuhan pangan untuk masyarakat secara berkelanjutan. Perusahaan kami juga akan selalu memberikan solusi atas kebutuhan pangan masyarakat yang membutuhkan secara berkelanjutan.
  • Senantiasa meningkatkan kompetensi karyawan, proses produksi dan teknologi yang kami punya. Perusahaan kami juga akan senantiasa meningkatkan kompetensi karyawan, serta proses produksi dan teknologi yang kami punya.
  • Memberikan kontribusi bagi kesejahteraan masyarakat dan lingkungan secara berkelanjutan. Perusahaan kami juga akan senantiasa memberikan kontribusi bagi kesejahteraan masyarakat luas dan lingkungan secara berkelanjutan.
  • Meningkatkan stakeholders’ values secara berkesinambungan antar sesama klien. Perusahan kami juga akan terus meningkatkan stakeholders’ values berkesinambungan antar sesama klien.

Comments