PERSIAPAN LOMBA NEWS ANCHOR/MEMBACA BERITA

                 LOMBA MEMBACA BERITA (NEWS ANCHOR)


  1. Latar Belakang 


Kemampuan berkomunikasi yang baik dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris di kalangan para siswa saat ini masih perlu ada peningkatan. Komunikasi yang baik itu tidak hanya pintar dalam berbicara, namun juga menerapkan etika sopan santun berbicara serta pandai dalam menggunakan bahasa tubuh. Komunikasi dapat dibedakan  menjadi dua macam yaitu komunikasi secara verbal dan komunikasi secara non verbal. Komunikasi verbal adalah kegiatan berbicara secara lisan dan tertulis, sedangkan bentuk komunikasi non verbal itu adalah dengan menggunakan bahasa tubuh.

 

Setiap orang membutuhkan komunikasi agar dapat melakukan berbagai hal atau kegiatan dengan baik. Komunikasi dapat dilakukan dengan begitu mudah dan sesuai dengan etika berkomunikasi melalui berbagai cara dan media yang ada. Namun tidak semua orang memahami pentingnya kemampuan komunikasi yang efektif, sehingga pesan atau informasi yang akan disampaikan terkadang kurang jelas diterima oleh penerima komunikasi.


Kegiatan lomba Baca Berita dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris adalah salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi yang baik di kalangan para siswa SMP. Diharapkan dengan mengikuti kegiatan ini, para siswa mengetahui dan memahami bahwa berkomunikasi yang baik itu perlu dilestarikan demi kemajuan suatu bangsa.


  1. Peraturan Umum


Peserta wajib memahami ketentuan atau peraturan sebagai berikut :



SYARAT : 


  1. Siswa SMP/ sederajat 

  2. Lomba bersifat individu

  3. Mendaftar melalui link panitia



KETENTUAN LOMBA :


  1. Tema lomba “Mari Berjuang untuk Hidup yang Lebih Baik !” 

dengan sub tema : 

Yang Muda yang Berprestasi

Para Pejuang Lingkungan Hidup

Perangi Berita Hoax

  1. Peserta akan diberikan 2 kali kesempatan membaca berita :

  • Berita Wajib

  • Berita Pilihan

  1. Durasi membaca berita adalah 3-5  menit

  2. Teks Berita  akan akan disediakan Panitia

  3. Lomba news anchor dilaksanakan secara langsung/luring di SMK ……...(on the spot) Technical Meeting

  4. Peserta wajib menggunakan pakaian rapi selayaknya pembawa berita pada saat perlombaan yaitu menggunakan kemeja dan blazer/jas

  5. Peserta pria memakan celana bahan panjang. Peserta wanita memakai celana bahan panjang atau rok panjang/pendek (tidak boleh di atas lutut)

  6. Segala keputusan dewan juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat oleh peserta

  7. Untuk hal-hal lainnya akan diberitahukan sebelum perlombaan dimulai atau pada saat TM


  1. Kriteria Skor :

  1. Konten/ isi berita. 

Mampu membacakan naskah/teks berita dengan sangat baik; Informasi disampaikan seluruhnya dengan lengkap dan mampu melakukan improvisasi untuk memperjelas maksud dan tujuan berita. 

  1. Harmonisasi pembacaan berita.

Mampu membacakan naskah/teks  berita secara menarik dan berurutan (mulai dari pembuka, isi, dan penutup) sehingga informasi yang dibacakan dapat dengan mudah dipahami pemirsa  

  1. Pelafalan kata-kata dalam Bahasa Indonesia dan bahasa Inggris

  2. Penampilan dan sikap tubuh (pakaian, mimik dan gestur tubuh pada saat membaca berita)

Keadaan sikap tubuh secara konsisten menunjukkan self confidence; selalu melakukan kontak mata, bahasa tubuh, dan ekspresi/mimik wajah sangat menunjang penyampaian isi berita kepada audience.


  1. Penentuan nomor urut peserta dilakukan melalui undian yang akan diambil pada saat Technical Meeting.



Comments