CONTOH NASKAH TEKS PERTEMUAN / RAPAT (Rapat Menurunnya Pendapatan Perusahaan PT PILAR GEMILANG)

                                      NASKAH TEKS PERTEMUAN / RAPAT

                                    Rapat Menurunnya Pendapatan Perusahaan

                                        PT PILAR GEMILANG


  1. Moderator 

Selamat pagi / siang hadirin peserta rapat. Saya........, Personal Asisten dari Bapak........ selaku direktur. Pada rapat hari ini saya selaku moderator mengucapkan terima kasih atas kehadiran para peserta rapat. Pada rapat hari ini kita akan membahas mengenai menurunnya pendapatan perusahaan. Sebelum kita memulai rapat pada hari ini, hadirin diminta berdiri untuk berdoa. Berdoa sesuai dengan kepercayaan masing-masing, doa dimulai….(20detik) doa selesai, selanjutnya saya persilahkan Bapak Direktur untuk memberikan kata sambutan terlebih dahulu.

  1. Direktur

Selamat pagi / siang, terima kasih untuk seluruh peserta rapat yang sudah hadir tepat waktu. Pada hari ini kita akan mengevaluasi mengapa terjadinya penurunan pendapatan yang cukup drastis. Diharapkan pada rapat hari ini kita dapat mendiskusikan dengan saksama . Saya berharap setiap bagian dapat menjelaskan permasalahan yang terjadi dibagian anda masing-masing.

  1. Moderator

Terima kasih atas kata sambutan yang diberikan Bapak Direktur. Selanjutnya kita akan masuk ke sesi penjelasan dari masing-masing kepala bagian. Saya awali dari Bapak Kenny selaku General manager. 

  1. General  Manager

Terima kasih moderator saya selaku General Manager akan menjelaskan masalah yang terjadi di perusahaan. Yang pertama untuk penurunan pendapatan omset, karena saat ini situasi negara kita sedang mengalami kesulitan ekonomi yang disebabkan adanya pandemi covid-19. Hal itu menyebabkan menurunnya permintaan konsumen. Menurut pendapat saya bagian marketing harus membuat strategi pemasaran yang menarik.    

  1. Moderator

Baik Bapak Kenny, saya terima untuk masukannya. Sekarang saya persilahkan Bapak Direktur untuk memberikan tanggapan dari pernyataan Bapak Kenny. 

  1. Direktur 

Setelah saya menerima pernyataan dari Bapak Kenny selaku General Manager, saya tidak dapat menyimpulkan dari satu pihak, oleh sebab itu saya ingin mendengar tanggapan dari bagian marketing terlebih dahulu. 

  1. Moderator 

Baik Bapak direktur, sekarang saya persilahkan Ibu Denna selaku kepala bagian marketing untuk memberikan tanggapan atas permintaan Bapak direktur. 

  1. Kepala Bagian Marketing 

Terima kasih kepada moderator, pertama saya mau memberikan tanggapan terhadap pernyataan yang diberikan Bapak Kenny selaku factory manager. Mohon maaf sebelumnya Bapak, jadi.. menurut bapak..strategi yang kami buat selama ini tidak cukup menarik? kita sudah membuat strategi pemasaran yang menarik, dan itu sudah dibuktikan dari banyak nya permintaan konsumen yang masuk ke perusahaan kita, dan itu dapat dilihat dari pemasukan keuangan kita sebelum masa pandemi, tetapi situasi dan kondisi saat ini, permasalahan yang utama terletak pada ekonomi konsumen, sehingga menjadi pengaruh besar bagi penjualan perusahaan.  

  1. Moderator 

Baik ibu, saya terima. Sekarang saya akan meminta kepala bagian accounting untuk memberikan laporan keuangan seperti yang diminta ibu denna, saya persilahkan waktu dan tempat. 

  1. Kepala Bagian Accounting 

Terima kasih moderator atas waktu yang diberikan kepada saya, seperti yang diminta oleh ibu denna, saya akan melaporkan keuangan perusahaan kita, sebelum masa pandemi dan sesudah masa pandemi. Saya meminta Ibu karina untuk membantu menjelaskan terkait laporan keuangan perusahaan kita. (Membaca laporan keuangan)



  1. Moderator 

Baik ibu Karina, Apakah bapak direktur ingin memberikan pertanyaan, atau tanggapan terlebih dahulu?

  1. Direktur 

Saya secara pribadi juga melihat penurunan yang terjadi, dan benar yang dikatakan ibu denna sebelumnya terkait permasalahan yang terjadi sekarang ada pada ekonomi konsumen kita pada saat ini. Sekarang saya ingin bagian lain untuk memberikan tanggapan atau penjelasan sesuai dengan permasalahan bagian anda masing-masing. 

  1. Moderator 

Baik bapak direktur, saya akan lanjut ke bagian produksi. Saya persilahkan kepada Bapak Aldo selaku kepala bagian produksi untuk memberikan pernyataan terkait permasalahan yang dialami.

  1. Kepala Bagian Produksi 

Baik moderator terima kasih atas waktu yang diberikan kepada saya. Sebagai kepala bagian produksi saya merasakan secara langsung terkait menurunya permintaan yang terjadi pada saat ini. Tetapi kami tidak mengetahui berapa banyak penurunan yang terjadi. Mungkin, untuk penurunan tersebut dapat dilihat lagi pada laporan keuangan.

  1. Moderator

Baik Bapak Aldo, kepada ibu Karina dipersilahkan untuk menunjukkan dan menjelaskan terkait laporan keuangan waktu dan tempat dipersilahkan 

  1. Staff accounting

(menunjukkan perbandingan keuangan)

  1. Moderator

Baik Ibu Karina terima kasih, sekarang saya persilahkan Bapak Chandra selaku kepala bagian gudang  untuk memberikan pernyataan. 

  1. Kepala bagian gudang 

Sebagai kepala bagian gudang, saya pribadi melakukan pengecekan dan mendapat laporan dari staf saya, jika barang-barang produksi di gudang masih sangat banyak karena pada saat pandemi kami jarang mendapatkan permintaan untuk mengirim barang-barang produksi ke bagian produksi. Kemudian, banyak cat-cat yang sudah terlanjur dicampurkan untuk menemukan suatu warna, mengalami kelunturan sehingga warna cat tersebut sudah tidak dapat digunakan. Dan ini menjadi kerugian karena banyak cat yang sudah tidak dapat digunakan. 

  1. Kepala bagian finance

Baik Moderator terima kasih, menurut saya dari perbandingan laporan keuangan yang telah dipaparkan oleh ibu Karina memang adanya penurunan pemasukan yang terjadi di perusahaan ini. Baik dari sebelum pandemi maupun masa endemi.

  1. Moderator

Baik Ibu Jesshica, sekarang saya persilahkan Bapak Direktur untuk memberikan solusi untuk permasalahan ini 

  1. Direktur

Setelah saya amati untuk solusi permasalahan ini kita hanya dapat menentukan 1 pilihan, apakah kita harus melakukan pengurangan karyawan atau membuat strategi baru,karena itu saya tidak bisa menyimpulkan secara pribadi. Maka saya membutuhkan pendapat Bapak dan ibu agar kita dapat menemukan jalan keluar yang terbaik

  1. Moderator

Terima kasih Direktur, sekarang saya persilahkan Bapak/Ibu yang ingin berbicara terlebih dahulu

  1. Kepala Bagian Accounting

Terima kasih moderator, menurut saya akan lebih baik jika kita mencoba untuk membuat strategi pemasaran yang baru melalui media online

  1. Kepala Bagian Marketing

Tapi menurut saya, jika kita membuat strategi pemasaran baru melalui media online akan sangat sulit, karena kita merupakan distribusi besar yang tidak memiliki brand yang dapat kita pasarkan sendiri 

  1. Staff Marketing 

saya setuju dengan ibu denna, kita tidak memiliki brand yang sudah cukup dikenal oleh masyarakat, oleh sebab itu saya rasa jika memasarkan melalui media online itu akan butuh waktu yang cukup lama untuk memperkenalkan ke masyarakat terkait brand kita. 


  1. Kepala Bagian Finance

Kalau menurut saya, melihat dari data pemasukan perusahaan sejauh ini banyak sekali penurunan yang terjadi, sehingga sulit untuk mempertahankan ekonomi perusahaan yang stabil

  1. Staf Finance
    Ya, benar. Jika ekonomi perusahaan tidak stabil secara terus menerus maka perusahaan pastinya akan mengalami kesulitan untuk membayar gaji para karyawan. Menurut saya, untuk saat ini lebih baik kita melakukan pengurangan karyawan


  1. Kepala Bagian Personalia

Setelah saya amati pendapat dari berbagai kepala bagian, saya selaku Kepala Bagian Personalia saya setuju dengan pendapat Ibu Jesshica dan Ibu Callysta, maka dari itu dengan berat  hati saya juga ingin dilakukannya pengurangan karyawan.

  1. Moderator 

Baik ibu Angel, silahkan kepada bapak direktur untuk mengambil keputusan dari permasalahan ini.   

  1. Direktur 

Setelah saya amati dan pikirkan, saya juga merasa keputusan pengurangan karyawan harus dilakukan demi menjaga stabilitas ekonomi perusahaan kita. 

  1. Kepala Bagian Personalia

Oh ya, maaf sebelumnya ada yang ingin saya tambahkan. Jika bapak direktur berkenan saya ingin mengajukan insentif kepada karyawan yang akan di PHK sebagai bentuk terima kasih karena sudah berkontribusi untuk perusahaan.

  1. Moderator

Baik apakah bapak Direktur setuju dengan permintaan ibu Angel selaku kepala Bagian Personalia?

  1. Direktur

Memangnya apakah sudah ditentukan bagian mana saja yang akan di PHK?

  1. Kepala Bagian Personalia

Untuk keadilan bersama maka kita akan melakukan pengurangan karyawan pada setiap bagian sebanyak 2 orang 

  1. Direktur

Baik, apakah sudah di list nama-nama karyawan yang akan di PHK?

  1. Kepala Bagian Personalia

Untuk daftar nama karyawan yang akan di PHK saya tidak dapat menyebutkan pada rapat hari ini, karena saya masih harus menentukan siapa saja yang akan di PHK dan saya akan memberitahukan keputusannya secara pribadi, akan tetapi setelah saya menentukan saya akan mengkonfirmasi kepada Bapak.



  1. Direktur

Baik, saya minta sebelum list nama diberikan kepada saya, tolong dipastikan dengan baik apakah orang tersebut layak di PHK atau tidak. Akan lebih baik jika Ibu Angel memberitahukan kepada saya alasan yang kuat untuk PHK mereka

  1. Kepala Bagian Personalia
    Baik pak

  2. Moderator 

Baik bapak dan ibu, saya rasa rapat hari ini sudah dapat kita akhiri. Untuk keputusan saya      serahkan kepada bapak direktur

  1. Direktur 

Terima kasih kepada bapak dan ibu sekalian yang telah mengikuti rapat hari ini, saya berharap ini adalah keputusan yang tepat untuk kita semua. Dengan berat hati keputusan dari rapat hari ini adalah kita akan melakukan pemberhentian hubungan kerja dengan beberapa karyawan. 

  1. Moderator

Terima kasih kepada bapak direktur atas keputusan nya, sebelum kita akhiri mari kita dengarkan kesimpulan rapat hari oleh Notulen ibu Callysta Grace, saya persilahkan waktu dan tempat

  1. Notulen 

( Membacakan kesimpulan rapat)


  1. Moderator


Baik terima kasih sekali lagi saya ucapkan kepada bapak dan ibu yang telah hadir dalam rapat hari ini, sebelum kita akhiri rapat ini kita akan makan siang bersama, sebelum makan siang marilah kita berdoa terlebih dahulu. Berdoa dimulai….. berdoa selesai.

Silahkan bapak dan ibu menyantap hidangan makan siang yang sudah disediakan. 


Makan siang bersama..


  1. Direktur 

Bapak dan ibu terima kasih sekali lagi atas waktu dan kesempatan yang telah diberikan untuk hadir pada rapat hari ini, semoga perusahaan kita tetap berdiri dengan memberikan pelayanan dan mengutamakan kepuasan pelanggan. 

  1. Seluruh Karyawan 

Baik, terima kasih bapak dan ibu sekalian..


Comments