Prokrastinasi Menjerat DAMOSIAN ...By Kezia Yemima

Source: Pinterest

Mendengar kata prokrastinasi mungkin cukup asing ditelinga. Namun, hal ini tanpa kita sadari pernah atau bahkan saat ini kita lakukan. Prokrastinasi adalah sebuah perilaku dimana kita suka menunda-nunda tugas penting demi tugas yang terbilang kurang penting. Mungkin sebagai siswa-siswi, kita merasa bahwa ini adalah hal yang biasa. Namun, ternyata prokrastinasi ini mampu membuat tugas atau pekerjaan kita terbengkalai hingga gagal dikerjakan. Prokrastinasi dalam akademik banyak dilakukan oleh pelajar. Salah satu area akademik yang penting yaitu mengerjakan tugas sekolah karena menjadi salah satu upaya pemenuhan dalam nilai akademik bagi siswa. Pada umumnya, hal ini tetap ditunda oleh para siswa.

Nah! Disini ada 4 Hal yang menjadi faktor DAMOSIAN terjerat prokrastinasi. Hal utama yang membuat kita para pelajar terjerat prokrastinasi adalah pikiran kita yang diatur untuk menyepelekan tugas atau pekerjaan sehingga kita mempunyai pikiran bahwa mengerjakan tugas tersebut dilain waktu adalah hal yang lebih baik. Tentunya, pikiran seperti ini akan membuat kita terlena sehingga tugas yang seharusnya kita kerjakan tepat waktu akan tertunda bahkan tidak dikerjakan. Pikiran-pikiran yang tentunya bertujuan agar kita mendapatkan posisi senyaman mungkin tanpa ada tindakan bijak.  Faktor selanjutnya ialah, adanya beberapa gangguan seperti bermain handphone, kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan-kegiatan organisasi lainnya.

Bermain gadget atau ponsel pintar yang sudah mendarah daging hingga sulit diatur dalam pemakaiannya. Menggunakan handphone sehingga menunda tugas atau pekerjaan penting juga salah satu bentuk prokrastinasi pada damosian. Kegiatan ekstrakurikuler yang berlangsung di SMK STRADA DAAN MOGOT cukup padat sehingga siswa-siswi kadang menunda atau menelantarkan tugas demi kegiatan ekstrakurikuler. Tidak hanya didalam sekolah tentunya, kegiatan lomba-lomba yang sebenarnya juga menunjang nilai namun mempengaruhi tugas-tugas penting yang termasuk dalam skala prioritas. Kegiatan di organisasi lain juga banyak menuntut kita untuk aktif sehingga mau tidak mau kita menunda tugas sekolah demi kegiatan organisasi.

Time schedule menjadi salah satu cara yang efektif dan efisien dalam mengurangi kebiasaan kita dalam menunda-nunda pekerjaan ataupun menjadi seorang prokrastinator. Pertama-tama, kita bisa mengelompokkan tugas atau pekerjaan kita kedalam 4 kuadran. Kuadran pertama adalah tugas penting dan mendesak. Kuadran dua ialah tugas atau pekerjaan yang tidak penting namun mendesak. Kuadran tiga adalah tugas atau pekerjaan yang penting namun tidak mendesak, dan terakhir kuadran empat adalah tugas atau pekerjaan yang tidak penting dan tidak mendesak. Dengan menyesuaikan kepentingan dan juga deadline tugas atau pekerjaan kita tentunya akan mengurangi risiko kita menunda pekerjaan.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua, salam DAMOSIAN!

-Kezia Yemima

Comments